Selasa, 23 Agustus 2011

Tips Agar Blog Anda Cepat Terbuka Dalam Proses Load

Blog atau website yang lambat dalam di buka atau lamban dalam proses loading kontennya kadang mengakibatkan pembaca malas untuk berkunjung. Bayangkan jika hanya untuk membuka sebuah halaman saja membutuhkan waktu lama tentu bukan hal yang tidak mungkin kalau pembaca malah keburu menutupnya sebelum proses load selesai
Karenanya kali ini saya akan share apa saja yang harus di lakukan dan tidak di lakukan dalam blog anda agar proses load dapat berlangsung maksimal.
  1. Pilih template yang tepat. Ada beberapa template yang memiliki background sampai beberapa lapis gambar, hal seperti ini selain membuat blog anda terlihat penuh warna warni (kadang terlihat kampungan jika warnanya tidak match) juga akan membuat proses load berlangsung lama. Pilihlah template simple tetapi pas dengan karakter blog anda, ada baiknya juga anda beralih ke template yang SEO friendly agar mudah di temukan oleh mesin pencari seperti Google.
  2. Kurangi pemakaian widget yang tidak penting. Ada banyak widget menarik yang di sediakan oleh blogger.com tetapi tidak semuanya efektif untuk blog anda. Jadi sebaiknya anda lebih selektif dalam memasang widget yang memang sesuai dengan karakter atau tema blog anda.
  3. Minimalkan penggunaan flash. Flash boleh jadi membuat tampilan blog anda dinamis tapi juga bisa memperburuk jika penempatannya tidak tepat. Selain itu, sama halnya dengan widget ada beberapa flash tidak penting yang sering di gunakan. Flash seringkali menjadi musuh utama peselancar internet karena selain lambat dalam di load juga kebanyakan memang tidak penting seperti iklan, sampai-sampai ada add-on untuk memblokir flash.
  4. Jangan mengupload gambar dalam ukuran besar. Resize atau atur ukuran gambar terlebih dahulu melalui aplikasi seperti photoshop sebelum di upload. Hal ini juga akan menguntungkan kita selaku uploader karena tidak perlu menunggu lama saat mengupload.
  5. Gunakan kompresi warna pada gambar. Caranya cukup mudah kalau menggunakan aplikasi seperti photoshop, tinggal save as gambar dalam format GIF maka akan muncul pilihan berapa banyak bit warna yang anda inginkan, semakin kecil bit warna semakin kecil pula ukuran gambar nantinya. Gambar berukuran 100kb bisa menjadi berukuran 40kb.
  6. Jangan menggunakan autoplay pada konten yang menggunakan buffering. Konten seperti youtube pada dasarnya memang tidak autoplay alias memang harus di klik play terlebih dulu barulah buffer videonya jalan. Tapi ada beberapa orang yang suka memasangkan kode autoplay agar videonya langsung jalan entah karena iseng atau ngebet ingin videonya di tonton.
  7. Hilangkan kode text HTML yang tidak di perlukan. Pada awalnya menarik memang melihat text atau tulisan yang bisa berjalan dari kiri ke kanan, atas ke bawah atau sebaliknya. Tetapi ketika hal itu terjadi pada isi konten yang ingin kita baca tentunya malah akan menjengkelkan. Tidak berdampak besar pada kecepatan load memang, tapi tetap akan berdampak pada kenyamanan pembaca.
Sekian tips yang bisa saya share kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau di koreksi silahkan di beri komentar.
Well, semoga berguna.

Related Post



5 komentar:

Anonim mengatakan...

Weh, terima kasih gan infonya,
sangat bermanpaat sekali,

Ane satu aliran dgn ente gan, proses loading sebuah blog dapat mempengaruhi trafik pengunjung. Apa gunanya sinyal kuat + bandwidth hebat (koneksi dewa) bila loading blog-nya lambat :)

Ane tunggu juga gan postingan mengenai blog yang lainnya,

Salam Kenal,
Ar-Rohman Software House

Rizky.Hafiz mengatakan...

yap terimakasih kembali gan :)

memang kalau web yang di buka lemot biasanya langsung saya close dan bisa jadi masuk blacklist..hehehe

Miftah Farid mengatakan...

Terkadang blog2 yg baru tidak memperhatikan point2 diatas :)
karena kalo baru pasti pengennya yang WAH :)
Padahal yg simpel blog itu lebih baik.


ane paling benci yg banyak plas dan auto buffering musik n video :)


penggunaan gambar menjadi bACKGround juga sangat berat loadnya :)

chiminstore mengatakan...

thx infonya bos mampir2 ya ke www.chiminstore.com

Unknown mengatakan...

thank info .,
mampir ea http://bayu-cemment.blogspot.com/

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...