Senin, 22 Agustus 2011

Inilah Kenapa Barcelona Pantang Menyerah di Tangan Real Madrid

 

Anda penggemar Barcelona? Atau penggemar Real Madrid? Apakah pernah terpikir oleh anda kenapa kedua tim ini menjadi dua rival penting di kancah sepak bola Spanyol, Eropa bahkan Dunia?  Kenapa El Clásico menjadi laga yang penuh tensi dan emosi di detiap gelarannya?


Tahun 1941, Barcelona berhadapan dengan Real Madrid, sebelumnya perlu di ketahui pada saat itu Real Madrid adalah tim Ibukota (Castilla) kesayangan Jenderal Franco, seorang diktator fasis.
             
               "Jenderal Franco dan Catalonia tidak memiliki hubungan baik, Catalonia (yang penduduknya terdiri dari bangsa Catalan dan Basque) menolak mengakui sebagai bagian dari Spanyol.Jenderal Franco juga melarang penggunaan bahasa dan bendera Catalan, tetapi Barcelona FC tetap menjadi wadah bagi orang-orang Catalan berkumpul dan berbicara dalam bahasa daerah mereka. Jenderal Franco berang. Josep Suñol, Presiden Barcelona waktu itu, dibunuh oleh pihak militer pada tahun 1936, tidak hanya sampai di situ sebuah bom dijatuhkan di Barcelona Social Club pada tahun 1938 atas perintah Franco."

Pada pertandingan itu tentu Franco tidak menginginkan Barcelona (yang memang di bencinya) menang, Barcelona di paksa kalah di bawah tekanan pihak militer.
Gawang Barcelona kebobolan 11 gol!!! Tapi sebagai bentuk ketidaksenangan, para pemain Barcelona melakukan serangan dan berhasil menyarangkan 1 gol ke gawang Real Madrid. Skor 1-11, dan satu gol itu berhasil membuat Franco kesal.
Sejak itu, Barcelona menjadi simbol perlawanan Catalan terhadap Franco, Castilla (kerajaan/ ibu kota) dan tentunya Spanyol.
Demo sehari sebelum partai Final Piala Dunia Spanyol vs Belanda
Barcelona punya pedoman dimana kalah dari Real Madrid sama saja dengan harga diri bangsa Catalan di injak Spanyol.

Tidak percaya? Simbol-simbol perlawanan masih bisa kita lihat dengan jelas, di antaranya Puyol (orang Catalan asli) mengenakan ban kapten berwarna Bendera Catalan.

Spanduk bertuliskan "Catalan is not Spain" di Camp Nou pada laga El Clásico.

Dan mungkin gambar terakhir ini akan membuat anda bingung, gambar yang di ambil saat Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 lalu, tapi bendera apa yang di kibarkan Puyol dan Xavi?



nb: saya bukan fans Barcelona, tapi saya merasa Barcelona pantas menjadi tim terbaik dunia saat ini. Ada pun saya penggemar Real Madrid, tapi di era Zinedine Zidane dan Ronaldo dulu...hehe sudah lama sekali ya. :)

Related Post



2 komentar:

Ryan Juliandi mengatakan...

Great posting!

Rizky.Hafiz mengatakan...

thank you dude :*

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...