Sabtu, 07 Januari 2012

Resolusi 2012 - Membangun Bisnis dengan Internet

Sebagai seorang mahasiswa jurusan ekonomi, terakadang muncul ide-ide sebagai seorang pengusaha untuk mengembangkan usaha mandiri yang bisa menjadi sumber pendapatan dan lapangan pekerjaan, mengingat tingkat pengangguran dan lapangan pekerjaan yang tidak sebanding.


Di tahun 2012 ini semangat untuk mengembangkan usaha itu kembali muncul, tapi tentu saja saya masih memerlukan pemikiran dan perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis. Di perlukan riset dan pengetahuan tentang pasar yang akan menjadi target usaha saya, tentunya hal ini akan membutuhkan banyak dana dan waktu. Karenanya untuk efesiensi saya akan menggunakan internet untuk melakukan riset dan menggali sumber informasi lainnya.

Awal Tahun - Riset Produk Apa yang Harus Saya Buat.
Di awal tahun ini saya akan mencoba untuk menggali informasi melalui media internet, produk apa yang potensial dan punya peluang untuk memasuki pasar yang saya tuju. Ada pun market target atau pasar yang saya tuju adalah golongan anak muda, karena anak muda cenderung lebih mudah mempergunakan uang tanpa pikir panjang.
Melalui internet saya mencoba mencari informasi dan survey melalui polling online, produk apa yang paling banyak di minati oleh anak muda.
Untuk sementara ini produk yang ingin saya buat adalah snack yang berbahan baku murah dan mudah di temui.


Maret - Pengembangan ide
Pencarian produk apa yang harus di buat saya harap sudah bisa selesai dan segera di putuskan di bulan Februari, karena selanjutnya saya harus masih melakukan pengembangan ide.
Anak muda biasanya menyukai hal-hal unik dan berbeda dari yang lain, karenanya saya harus mengembangkan produk yang saya pilih nanti agar memiliki ciri khas tersendiri. Di sini internet akan saya manfaatkan sebagai tempat untuk mencari inspirasi.


Maret sampai dengan Mei - Mencari Teman, Relasi  dan Sponsor.
Sembari melakukan pengembangkan ide, saya akan mulai menawarkan ide ini untuk di kembangkan bersama teman dan kerabat, di sini saya membutuhkan internet untuk berkomunikasi melalui social media seperti jejaring sosial facebook dan twitter.


Juni - Promosi, Pengenalan Produk
Pertengahan tahun saya berencana sudah akan mulai melakukan pengenalan produk kepada pasar. Karena pasar yang saya tuju kalangan anak muda, maka saya akan melakukan promosi melalui internet. Promosi akan di lakukan melalui situs-situs jejaring sosial, forum internet dan sebagainya karena selain untuk efesiensi, juga karena kebanyakan anak muda memang cenderung banyak menghabiskan waktu di situs jejaring sosial. Dari sini saya akan melihat bagaimana respon yang di berikan, apakah tertarik atau tidak. Dari point ini juga saya berharap dapat mendapat feedback atau umpan balik tentang produk ini.
Oktober - Produk Mulai di Jual Bebas
Setelah semua proses panjang saya menginginkan akhir tahun ini produk yang saya ciptakan sudah mulai bisa di terima dan beredar di pasaran.

Walaupun tahapan-tahapan di atas terlihat singkat dan sederhana, tapi akan menjadi sangat sulit di realisasikan tanpa motivasi dan tekad yang kuat.

Sejauh ini internet sudah cukup banyak membantu saya dari sisi motivasi untuk menjadi seorang pengusaha karena saya sering berkunjung ke forum-forum bisnis, UKM, dan pengusaha muda. Internet juga membantu saya menemukan ide-ide baru, karenanya saya harap internet juga akan berguna untuk resolusi saya di tahun 2012 ini, "Membangun Bisnis dengan Internet.

Related Post



16 komentar:

Nunuu mengatakan...

Whaha. Pikirannya jernih banget, bro!
Terus, kalau bisnis, saya rasa, promosi lumayan penting juga. Hehe.
Sukses ya. :D

Rizky.Hafiz mengatakan...

@Nurul Khaliza
iya, makasih sarannya :D

Cika Lavigne mengatakan...

resolusi yang patut u/ dicoba sob, :) comment balik ya http://cikalavigne.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012.html#comment-form

Rizky.Hafiz mengatakan...

makasih juga udah berkunjung :D

Dae's Blog mengatakan...

wih , mendetail :D
keren resolusinya ya sampe dijabarkan , semoga terlaksana :D
Kunjung balik ya ke My Blog

Haitsam22 mengatakan...

Wah..., resolusinya mantap bro...
komentar balik ya..
http://haitsam22.blogspot.com/2012/01/aku-dan-telkom-speedy-resolusi-juara.html

NUR RAHMAT KURNIAWAN mengatakan...

wah, detail dengan rencananya nih.... sampai bulan -bulannya akan dilaksanakan. Semoga sukses ....
mampir juga ya....
http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

Karida Salim mengatakan...

Semoga resolusinya tercapai :) Mampir juga ya di blog saya http://karidasalim.blogspot.com/2011/12/resolusi-tahun-2012-tahun-terbaik_30.html

Kespromu mengatakan...

sukses resolusi nya.. koment dirumah q juga bro..
http://najibxp.blogdetik.com/2012/01/04/resolusi-juara/

Melissa mengatakan...

haha keren..
tuh bikin slide show carouselnya gmna gan?

FLanzka Technology mengatakan...

manGtab Gan artikelnya

Panduan Membuat Blog mengatakan...

wah wah ini prediksi bisnis internet yang terstruktur banget ya. Patut dijadikan pedoman nich. Thank bro. Saya tunggu info bisnis internet pada posting selanjutnya

O'poel mengatakan...

smoga sukses bisnis-nya. aku saat ini juga mau merealisasikan ide bisnis ku di bidang ecommerse (mall online). sekarang sedang dalam tahap pembuatan rencana bisnis dan design/leyout web. sisanya dikerjakan teman ku.

sekedar saran (mengutip ucapan om Bob Sadino):
"yang membedakan antara orang goblok dan orang pintar adalah orang pintar terlalu banyak mikir sehingga bisnisnya nggak jalan2, sedangkan orang goblok nggak pakai mikir tapi langsung jalan saja". suatu pernyataan yg sangat tajam tapi memang ada benarnya.

Admin mengatakan...

Wah mantap gan,,mampir n komen di blog saya jg ya http://wianva.blogspot.com/2012/01/myresolutionis-be-creative-blogger.html thanks

Afaa Alghifaary mengatakan...

udah mampir balik yah gan.. bagus gan postingannya :D

Asalasah mengatakan...

Mantap ya reolusinya.. selamat berjuang :D
oya, kunjungi juga Resolusi saya :D

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...