Rabu, 11 April 2012

Masuk Ring of Fire, Indonesia Rawan Gempa

Indonesia kembali berduka setelah Pulau Sumatera di hantam oleh gempa bumi. Tentu ini bukan gempa pertama yang terjadi disana, bahkan Provinsi Aceh yang terletak di posisi paling utara pernah di landa gelombang tsunami 2004 silam.
Tapi pernahkah anda terpikir mengapa Pulau Sumatera (dan Jawa) beberapa kali terkena dampak gempa?
Ternyata hal ini bisa di jelaskan dengan peta Ring of Fire atau dalam bahasa Indonesia di kenal dengan Cincin Api.
Yang di maksud dengan Ring of Fire adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.
Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.


Coba perhatikan gambar di bawah ini



  • Warna kuning merupakan wilayah yang di sebut dengan Ring of Fire atau Cincin Api
  • Warna merah menunjukkan lempeng tektonik yang di sekitarnya memiliki guning api ataupun wilayah rawan gempa (di Indonesia sendiri Pulau Sumatera dan Jawa diliputi oleh lempeng Sunda)
  • Dan gambar bintang merupakan daerah dengan potensi gempa terbesar dalam lima puluh tahun terakhir (di Indonesia terdapat dua titik bintang, yang mana salah satunya menjadi sumber gempa Sumatera Rabu 11/4).
Dengan begini saya rasa sudah cukup menjelasakan mengapa Sumatera dan Jawa menjadi tempat langganan gemap di banding wilayah lain di daerah Indonesia.
Gempa tentunya bencana alam yang tidak dapat di prediksi, tetapi tentu kita semua berharap dengan sistem peringatan dini, evakuasi dan penanganan yang tepat jatuhnya korban bisa di hindari.

Earthquake 11/4/2012: We pray for everyone's safety in Indonesia and other affected countries. Let's pray for everyone in Sumatra and Indonesia . 

Related Post



3 komentar:

Unknown mengatakan...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Ujang Dede Lasmana mengatakan...

Informasi yang sangat jelas
Terima kasih

Gempa Mega Trust mengatakan...

iya gan, sekarang yangdi depan mata adalah gempa mega trust.. semoga gak terjadi aja

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...