Rabu, 12 Oktober 2011

Tips Melewati Polisi Tidur

Polisi tidur kerap ditemukan di gang atau komplek perumahan dengan ukuran bervariasi. Tujuan pemasanganya pada awalnya memang positif, untuk memaksa pengguna jalan menurunkan kecepatanya demi menghindari menabrak warga yang berlalu lalang. Tetapi kini polisi tidur sering di pasang seenaknya tanpa aturan yang jelas.

Bencana

Sadarkah anda kalau pemasangan polisi tidur yang tidak sesuai aturan bisa membahayakan pengguna jalan itu sendiri?
  • Bila dilindas pada kecepatan diatas 30 km/jam akan memukul blok mesin, besi pada ban bisa penyok dan biker bisa terpental jatuh. 
  • Disamping itu ketika memelankan kendaraan secara mendadak (biasanya karena polisi tidur yang tidak diberi warna/tanda) pengendara rentan ditabrak oleh pengendara lain dari belakang.
Sedikit tips mengenai trik menghadapi polisi tidur, baik di siang maupun malam hari agar kita terhindar dari kecelakaan

  1. Jangan mengerem sesaat sebelum melindas polisi tidur! Lebih baik jika terlambat mending sekalian dilindas saja. (karena suspensi motor berada pada pressure maksimal dan tidak mungkin memiliki daya redam) 
  2. lindas secara diagonal! Tidak saja berguna pada mobil, teknik ini memungkinkan untuk mengurangi goncangan dan membantu motor dengan ground clereance rendah! 
  3. Dimalam hari, jangan pasang lampu besar! (sebagian motor) karena lampu besar akan mengarah ke atas, dan pandangan kebawah jarak dekat akan luput. Sebaliknya lampu sedang akan mengarah ke bawah dan polisi tidur akan terlihat. 
  4. Perlebar jarak dengan kendaraan di belakang! Hal ini memungkinkan jika anda harus mengerem habis tanpa beresiko ditabrak dari belakang!
  5. Khusus biker untuk mengurangi efek goncangan bisa memposisikan badan berdiri.
Semoga tips-tips di atas bisa membantu anda dalam melewati "goncangan" di perjalanan. Selamat mencoba!

Sumber: http://kask.us/10776903

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...