Kamis, 15 September 2011

Tips Mengikuti MOS / OSPEK


MOS ( Masa Orientasi Sekolah) atau Ospek biasanya menjadi momok mengerikan bagi para siswa yang baru masuk sekolah atau pun mahasiswa baru di tingkat perguruan tinggi. Kebetulan minggu lalu saya baru saja mengikuti rangkaian Ospek di salah satu Universitas di kota saya sebagai peserta, mungkin untuk detail ceritanya akan saya share di sini.
Sekarang saya akan lanjut sharing tips dan trik agar Ospek atau MOS yang anda ikuti tidak berubah jadi mimpi buruk.

  1. Siapkan mental. Ini penting karena ospek/ mos sarat dengan desas desus tradisi kekerasan, tekanan fisik maupun mental. Jadi ada baiknya anda menenangkan diri, jangan terlalu memikirkan hal-hal yang mengerikan yang akan terjadi.
  2. Siapkan semua barang yang di suruh panitia untuk di bawa. Kenapa? Karena selama ospek berlaku asas KESALAHAN=HUKUMAN. Tentu anda tidak mau di hukum kan? Walau hukumannya di suruh menyanyikan yel-yel di depan barisan tetap saja namanya hukuman.
  3. Turuti semua perintah panitia. Turuti saja, di suruh diam ya diam, jangan ribut ya jangan ribut. Selama perintahnya tidak melanggar HAM atau norma-norma yang ada, ya patuhi saja karena hukuman dan teriakan siap menanti untuk para pembangkang.
  4. Nikmati saja. Ingat posisi anda sekarang adalah junior di mata senior, ini bukan waktu yang tepat untuk menunjukkan keahlian intelektual, beladiri ataupun lainnya. Ada baiknya anda cukup mengikuti alur selama ospek ini.
Ada beberapa pola pikir yang mungkin akan menolong anda,
Pertama, para panitia (senior) yang terlihat "kejam" itu hanya menjalankan tugasnya untuk berakting "kejam". Banyak di antara mereka yang pada kenyataannya lucu dan humoris..
Kedua, sekarang zaman sudah maju, ada yang namanya HAM. Anda tidak perlu takut untuk di siksa secara fisik. Panitia juga takut kalau sampai berurusan dengan polisi.
Ketiga, ospek dan mos ini sebetulnya punya tujuan Contoh, kenapa kita di suruh displin dan di beri banyak tugas? Karena di sekolah/ kuliah kita memang akan mendapati banyak tugas dan tentunya harus disiplin.
Keempat, ospek/ mos pasti berakhir.

Well, inilah tips yang bisa saya berikan pada anda semua, semoga bermanfaat.

*Sebetulnya ada beberapa hal yang bisa kita tidak perlu laksanakan selama ospek semisal memakai pita sebanyak tanggal lahir anda, tenang saja toh panitia tidak akan mau repot-repot menghitungnya.

Related Post



1 komentar:

Jurnal Junior mengatakan...

bikinin aku avatar fiz :p

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...